Tuesday, April 12, 2011

Pentingnya Air Susu Ibu (ASI) untuk Bayi



Asi susu Ibu (ASI) adalah anugerah Tuhan untuk si buah hati.  ASI merupakan dasar hidup sehat dan makanan terbaik di awal kehidupan seorang anak. ASI juga menjadi hak yang mendasar bagi anak agar dapat tumbuh berkembang secara optimal, demi kepentingan kesehatan dan kualitas kehidupan masa depannya.

ASI berperan untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak. Selain merupakan makanan, ASI juga menunjang kecerdasan dan pelindung bagi kesehatan anak. Kandungan zat gizi yang lengkap, mudah dicerna dan diserap secara efisien merupa¬kan beberapa manfaat ASI bagi bayi. Bukan hanya itu. Bagi ibu yang menyusui, pemberian ASI bermanfaat untuk membantu terjalinnya ikatan antara ibu dan si buah hati.



Dalam pedoman pelaksanaan Pekan ASI Sedunia disebutkan strategi global tentang pemberian makanan bayi dan anak. WHO dan UNICEF merekomendasikan agar bayi diberi ASI ekslusif selama 6 bulan pertama. Selanjutnya, bayi diberi MP-ASI (makanan pendamping ASI) yang berkualitas dengan menyusui diteruskan sampai dua tahun atau lebih. Yang penting juga adalah waktu mulai menyusui, yaitu sebaiknya dalam menit-menit pertama kehadiran bayi di dunia sampai satu jam pertama. Kontak kulit ibu dan kulit bayi akan membantu ibu dan bayi sampai mencapai keberhasilan menyusui, saat itu dan selanjutnya.
However untuk bunda yang tidak bisa memberikan Asi janganlah bersedih hati, karena ada susu formula yang menggantikannya. Yang paling penting sewaktu menyusui  adalah dalam keadaan tenang dan bahagia, sehingga bayi anda juga akan merasakan kenyamanannya.
 Baby Bar juga pro Asi!! Hidup mommies!!!

No comments:

Post a Comment

Anda Mungkin Juga Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...